Bekerja Di Malam Hari Tingkatkan Resiko Diabetes Tipe 2

Bekerja Di Malam Hari Tingkatkan Resiko Diabetes Tipe 2

 
Bekerja Di Malam Hari Tingkatkan Resiko Diabetes Tipe 2


Bekerja Di Malam Hari Tingkatkan Resiko Diabetes Tipe 2,- Para karyawan yang bekerja di malam hari mengalami gangguan toleransi glukosa, sehingga mereka berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2, demikian menurut penelitian terbaru. Peneliti yang menerbitkan studinya dalam jurnal Sleep tepatnya membandingkan toleransi glukosa antara karyawan yang bekerja di siang dan malam hari.

"Cukup mengejutkan bahwa satu kali saja bekerja di malam hari bisa mengganggu toleransi glukosa dan meningkatkan kadar insulin," papar Dr Christopher Morris, kepala penulis penelitian dari Brigham and Women's Hospital di Boston.

Sebagaimana dilansir dari Medical Daily, Dr Morris juga menganggap penelitiannya cukup penting karena mendemonstrasikan secara langsung tentang pengaruh bekerja di malam hari dengan risiko diabetes.

Dr Morris dan timnya melibatkan 13 orang dewasa sehat dan tidak obesitas di dalam penelitiannya. Mereka semua pun tak punya sejarah menjadi pekerja malam. Selama delapan hari, responden lantas diminta bekerja di siang dan malam hari masing-masing empat hari untuk semua pekerjaan.

Hasilnya, peneliti menemukan kalau responden yang bekerja di malam hari mengalami peningkatan kadar glukosa sebesar 16 persen. Menikmati makanan di atas jam 20.00 WIB malam juga membuat para pekerja malam tersebut memiliki kadar glukosa yang semakin tinggi.

Sebelumnya, beberapa penelitian juga menyebutkan kalau bekerja di malam hari mampu meningkatkan risiko kanker payudara, prostat, dan ovarium.

Artikel Terkait::

0 Response to "Bekerja Di Malam Hari Tingkatkan Resiko Diabetes Tipe 2"

Posting Komentar